Saturday, June 18, 2011

everything inside my mind NOW

kadang-kadang banyak hal di kepala kita yang tak dapat di jawab... aku adalah tipe orang yang suka memikirkan hal tidak penting yang tidak dapat di jawab orang dan menjadikan aku adalah orang yang meragukan segala hal dan percaya tidak semua yang ku lihat adalah kebenaran.

setelah membaca banyak buku tentang kontroversi dan fenomena-fenomena yang dari dulu tak dapat terpecahkan dan kegemaranku menonton NATIONAL GEOGRAPHIC setiap hari dan setiap buka tv.. doeng doeng.. inilah national geographic klo ada yang ga tau.. ini logonya di bawah..
aku menjadi orang yang skeptik dan tidak percaya akan hal yang bersifat iman. imanku mulai goyah akhir-akhir ini setelah mendapat bnyak masukan tentang para ilmuwan dan pemikir yang menyelidiki tentang kebenaran sejarah tentang Yesus.


sosok kontroversial yang merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia. yang merupakan cikal bakal perubahan dalam agama yahudi, ia melawan kebanyakan hukum taurat yang telah lama ada. dan menjadikan kristiani yang mengutamakan cinta kasih, bukan lagi agama yahudi yang banyak melarang hal ini dan itu yang dikembangkan secara sepihak oleh para ahli taurat dari 2 bongkah batu yang diberikan Allah berisi kan 10 perintah Allah.

aku banyak belajar tentang hukum taurat dari guru agamaku yang sangat kontroversial yang bernama bu lidwina, ia bukan hanya seorang guru agama yang cuma memandang iman, tetapi kelogisan dan realita. ia adalah orang yang membuat ku mengerti tentang agama katolik lewat sudut pandang yang berbeda.


ia pernah mengajarkan  kami tentang hukum taurat, sebenarnya semua hukum taurat itu berasal dari 10 perintah Allah yang dikembangkan oleh para ahli taurat secara sembarangan. dari situlah muncul hukum bahwa pada hari sabat anda tidak boleh melakukan apa-apa, hukum itu berasal dari perintah yang paling sederhana "hormatilah hari sabat sebagai hari Tuhan". mereka akhirnya mengembangkan menjadi : tidak boleh bekerja pada hari sabat, tidak bepergian dan tidak ngomong yang sia-sia. jadi segala hal dilarang di lakukan di hari sabat.


dari 10 perintah itu, para ahli itu mengembangkan menjadi 613 perintah.. sungguh banyak mereka mengembangkannya menurut imajinasi dan pengertian mereka yang dangkal itu. namun Yesus lahir ke dunia dan memberi sudut pandang lain kepada para orang yahudi dan ajaran baru yang kita kenal sebagai ajaran kristen. Ia mengajarkan "cintailah musuhmu\dan doakanlah mereka" yang sangat bertentangan dengan hukum taurat yang mengatakan cintailah sesamamu dan bencilah musuhmu.


siapa sosok Yesus ini yang sangat berani melawan para ahli taurat...??? dan dikatakan pada alkitab ibunya sendiri mengandung orang ini tanpa noda dosa... dan keperawanannya ini bersifat abadi. tidak logis menurut kita sebenarnya jika dipikirkan setelah melahirkan Yesus ibunya masih perawan. dan kemanakah yusuf yang dikatakan sebagai ayah dari Yesus ini pada jalan cerita tentang kehidupannya pada perjanjian baru. yusuf terakhir kali muncul pada saat mereka pergi ke bait Allah dan Yesus sedang bertanya jawab dengan parah ahli taurat. sebenarnya apa yang tersembunyi dibalik kehilangan sosok yusuf ini??

apakah ada bagian dari alkitab yang hilang..?? baru-baru ini ditemukannya injil yudas yang menguak tentang sosok yudas dan Yesus dari sudut pandang yang berbeda dari penulis injil sebelumnya, namun injil ini ditolak oleh vatican, injil ini bernasib sama dengan injil Thomas yang juga ditolak untuk masuk ke dalam alkitab karna mungkin dianggap akan mencemari iman. atau apakah imanku telah tercemari oleh bacaan seperti itu..??

menurut logika Ku yang sangat dangkal ini... kalo semua sudah direncanakan oleh Tuhan dari awal bahwa mas Yesus ini bakal di khianati oleh murid nya sndiri sampai di hukum mati di kayu salib, artinya mereka yang merupakan orang-orang yang selama ini kita lihat sebagai orang jahat di sejarah penderitaannya sebagai pahlawan jika di lihat dari sudut pandang berbeda. klo mereka tidak berbuat demikian, Yesus tidak akan mati dan menebus dosa manusia. dan jika yudas tidak mengkhianatinya, Ia tidak akan dihukum mati. dari sini kita lihat pentingnya peran dari para orang jahat itu.

segalanya seperti skenario yang sudah jadi dan semua berjalan sesuai rencana... dan Yesus muncul sebagai sosok yang disiksa dan Yudas sebagai orang jahat. menurut pemahamanku, yudas adalah seorang pahlawan bagi kita... karna jika ia orang yang baik, Yesus tidak akan mati di kayu salib dan menebus dosa dunia.. ia hanya menjadi kambing hitam dan peran yang tidak menguntungkan imagenya...

di luar sosok Yesus, aku ingin membahas tentang sosok Tuhan.. apakah Tuhan itu ada..?? ada di topik berikutnya... sampai di sini dulu... besok saya akan membahas pemikiranku tentang Tuhan..

0 comments:

Post a Comment