Wednesday, March 10, 2010

STUDI KASUS KECELAKAAN TOYOTA RAV4(RIO HARTANTO,NIKITA PUTRI,ERFIN JANUAR)

pasti banyak yang tau tentang cerita tentang kecelakaan yang menimpa anak klas XI SMA IPTO februari lalu.
 terkhususnya warga dan murid sesama sekola swasta di jakarta dan sekitarnya yang menjadi berita heboh beberapa minggu.  

"kecelakaan dahsyat ini terjadi di flyover Kuningan(menggunakan mobil Toyota Rav4). Kecelakaan maut ini menjadi sangat ramai di forum-forum seperti facebook, kaskus, dll. Kecelakaan maut Rio Hartanto, Nikita Putri, dan Ervin Januar ini memakan tiga korban tewas, Toyota Rav4 juga hancur. Kecelakaan yang tragis, korban ngebut-ngebutan.
Tiga korban tewas yaitu Rio Hartanto (18) yang bertindak sebagai pengemudi, Alvin Januar (17), dan Nikita (17). Dua korban luka parah adalah Lessla (17) yang dirawat di RSCM dan Nicholas Christlanto (16) dirawat di RS MMC Kuningan. (dikutip dari: http://bataviase.co.id/node/111872 /)
Kasus ini menjadi rumit setelah kabarnya keluarga Nikita Putri menuntut keluarga  Rio Hartanto yang dianggap sebagai pengemudi mobil Toyota Rav4 tersebut. Namun sebenarnya pembeberan media selama ini kebanyakan salah. Misalnya umur Rio hartanto di media ada yang menyebutkan 19, 18 tahun. Namun kenyataannya dia masih 17 tahun."

banyak juga komentar" para blogger tentang kasus ini, komentar" tersebut yang buat gw jadi tertarik untuk cari informasi lebih jauh tentang kasus ini. ada komen dari salah satu blogger di situs salah satu berita nasional yang mengatakan begini : "jangan salahkan tikungan atau mobilnya, sudah jelas2 anak muda tidak bisa mengendalikan emosi,ngebut malam2 dijalan raya tengah malam ditikungan lagi.memangnya ngga bisa ngerem..??tikungan uda lama ada di situ,jadi ngapain salahin tikungan.klo nghebut ya gitu taruhannya.lagian msih 17 tahun siapa yang kasih izin ngebawa mobil...??memangnya sudah bisa bawa mobil y anak sekecil itu..." begitulah salah satunya komentar yang buat gw panas bacanya. gw ga setuju dengan komentar orang ini, dia hanya orang yang sok tau yang ga bisa ngebawa mobil. padahal sudah jelas2 pada judul berita tersebut dituliskan bahwa pihak toyota memang mengakui adanya indikasi kegagalan produksi mengingat semua produk RAV4 tahun 2009/10 sudah ditarik peredarannya di amerika serikat karena terdapat masalah pada pedal gasnya.dia masih tidak sadar klo artikel itu lagi ngomongin kesalahan produksi,trus dia juga pasti kaga tau klo anak umur 17 tahun di indo uda punyak hak dapetin SIM A dan setiap orang yang punya SIM A berhak membawa mobil sendiri.membuktikan dia tidak cukup pendidikan untuk berkomentar tapi masih sok dewasa. pertanyaan terbesar adalah : "Apakah dia ngerti tentang berkendara?" dia juga nyaranin untuk ngerem kalo lagi ngebut ditikungan, dan saya pun akan menjawab klo ANAK UMUR 17 TAON SPERTI RIO AJA NGERTI KLO DITIKUNGAN MENGGUNAKAN MOBIL LOW GRAVITY SEPERTI TOYOTA RAV4 KLO NGEREM, MOBIL BAKAL TERGULING.mungkin itu juga yang merupakan alasan rio tidak ngerem pada saat akan menabrak tikungan. menurut gw,tindakannya yang tidak mengerem itu lah yang menyebabkan dia menyelamatkan LYSIA KOSASIH dan NICHOLAS CHRISTIANTO yang merupakan penumpang dibelakang. karena mobil hanya hancur dibagian depan yang menyebabkan rio terhempas ke luar mobil. itu juga membuktikan bahwa ketika itu mobil berhenti mendadak karna menghantam pembatas rumah dan mobil tidak berguling meskipun sudah terbang beberapa meter melalui flyover jalan tersebut.terdapat bukti bahwa pengemudi telah mengerem pada saat lintasan lurus sejauh 17 meter,tetapi pada saat tikungan dia tidak membanting stir sambil menginjak rem. itu artinya: penumpang belakang hanya akan bertumbukan dengan bangku bagian depan dan pintu bagian samping. semua itu sudah cukup membuktikan bahwa RIO HARTANTO(driver) sudah cukup berpengalaman dalam mengemudi. Dia telah menyelamatkan nyawa pacarnya (LYSIA) meskipun dia harus terhempas ke luar mobil dan didapati pada kanopi lantai 2 rumah tersebut. coba bayangkan saja qta ngemudiin mobil pada kecepatan tertentu pada jalan tol, ya jelas lah ya.. kalo bawa mobil lewat jalan tol pake kecepatan rendah bisa2 dihujat sama orang2, karna jelas bahwa jalan tol adalah jalan bebas hambatan yang menuntut pengemudinya menggunakan kecepatan tinggi. dan pada saat akan berbelok keluar jalan, tiba2 pedal gas ga mau balik. penggunaaan rem di jalan lurus masih wajar dan memang dilakukan karna ada bukti ada bekas pengereman sepanjang 17 meter pada lintasan lurus tetapi ketika menghadapi tikungan tidaklah mungkin untuk menggunakan rem untuk nge-DRIFT dengan mobil setinggi itu, kalo ada pada posisi tersebut michael schumacer aja mungkin engga bisa ngelakuin apa2.dan itu jelas2 adalah kesalahan produsen mobil yang digunakan. kesimpulan yang didapat adalah : komentator diatas hanya asal sebut dan untuk menuhin kolom komentar mengingat betapa sangat tidak mendasar pada semua bukti yang ada. padahal dia ga tau betapa sangat sepihak dan menyudutkan komentarnya yang ASAL tersebut.

gw juga cari tau tentang asal usul mobil yang dikendarai rio, mobil RAV4 yang ada di indonesia ternyata bukan di import langsung oleh PT Toyota Astra Motor. semua RAV4 yang beredar di indonesia merupakan pekerjaan dari importir umum yang mengimport mobil tersebut dari jepang dan australia. karena izin pada IU RAV4 hanya terdapat berkas import dari jepang dan australia.dan pada negara2 tersebut belum ada recall mobil yang dilakukan TOYOTA seperti yang terjadi di AMERIKA SERIKAT.

 bukti terbaru juga menyatakan bahwa pedal gas pada mobil yang mengalami kecelakaan tersebut tidak bisa kembali ke atas. tetapi pedal rem nya tidak didapati masalah. gw juga cari2 info di situs blog otomotif, ternyata TOYOTA uda merecall smua mobil karna terdapat masalah sticking acceleration pedal gas pada RAV4 yang menyebabkan pedal gas tidak kembali ke posisi semula ketika sudah mencapai kecepatan tertentu.

gw turut berduka cita dan bersimpati sedalam-dalamnya atas meninggalnya RIO HARTANTO, NIKITA PUTRI DAN ELFIN JANUAR.
 semoga arwah mereka dapat diterima disisiNya.. 

(RALAT TENTANG KASUS INI ADA DI POST BAGIAN ATAS DENGAN JUDUL INFO TERBARU KASUS TOYOTA RAV4 ATAU KLIK DI SNI

8 comments:

Anonymous said...

hai2... meskipun ne berita lama.. gw pengen sedikit komentar aja sih soalnya isi dari postingan lw ini ngaco sih (banyak informasi yang salah) lol.. no offense loh.. soalnya gw ank IPTO jg tapi gw alumni, mereka adek kelas gw yang gw ga kenal hehe...
tapi media2 berkata gitu, kebenaran ditutupin mao dikata apa...
gw jg setuju sama komen yang lw quote itu ngeselin banget emang sok tau..
bete deh ma orang2 sok tau kaya gitu.. apa lagi yang blg mereka mabok2an ngedrugs lah dll iggh ngekiin banget deh...

dharma said...

postingan gw yg ngaco yg mna y.. hi hi.emang tuh.. gw sebel banged sama mrka yg blg mabok2an trus ngejelek"in mrka.. klo misalnya mrka ga ngejelek"in sih gw kga post,yg mau gw persoalkan ini cma masalah accident di mobilnya aja kok. gw mau bahas tntang mobil RAV4nya, berhubung gw slama ini juga ngikutin prkembngan autos..
^^

ver0o said...

ngaco di pengemudi nya..haha
drivernya nicholas, rio duduk di tngah blakang...
cek perkembangan terbarunya : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=179945274

dharma said...

iya ya...??gw diksih tau tmen gw yg kk klasnya klo itu mobilnya rio loh.. tapi kta tmen gw itu yg tau jelas itu cma si lysia. bnyak yg simpang siur yee... ha ha ha.sumpah gw bingung skr... klo gitu nama rio diganti aja nicholas. tapi yg ancur kaca kanan, tengah penyok. dan gw dpet info klo sit belt ga kepasang... prah banged infonya.. ha ha ha.sorry ya all buat kesalahn infonya...

ver0o said...

iyah emang simpang siur...
iyah.. ama si nicholas juga,, ntu si lysia juga cerita kan, pas mobilnya muter, si rio uda gada di sampingnya, berarti uda kelempar.. serem ih.. -___-

Anonymous said...

gue cuma mau komen aja, gue udah lama temenan sama nikita putri di fb, cuma kita ga kenal, kaget bgt waktu tau dia udah meninggal gara2 iseng ngintip profilnya.. turut berduka cita buat mereka ber tiga, yakin mereka dapet tempat terbaik disisi Nya

Anonymous said...

modar modar

Its_RyJayL said...

G cuma mau ngmg. Lo ga bs pukul rata jika umur 17 thn sudah punya hak untuk bs memiliki SIM A. 100% wa yakin itu SIM tembak. Wa yg skrg umur 26 thn aja bikin SIM A bolak balik karena ini itu (memang di peribet si intinya) apalagi anak.kurcaci gt. And then 17thn remaja di Indonesia masih labil. Beda dengan negara barat. 17 tahun sudah mature. Bs bertahan hidup sendiri tanpa orang tua. Memangnya anak2 di Indonesia bisa? Terlebih lagi anak orang kaya. Dari case ini, wa cuma bs simpulin, antara mabok atau ngefly. Ataupun belum mahir dalam mengemudi.

Post a Comment